nusakini.com--Dalam rangka meningkatkan pariwisata dan penciptaan lapangan kerja baru bagi masyarakat kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Wali Kota Ali Yusuf terus melakukan terobosan. Dengan menggandeng berbagai pihak termasuk Kementerian Ketenagakerjaan, Ali Yusuf mengajak semua stakeholder bisa terlibat menjadikan Sawahlunto dengan beragam kekayaan alam dan seni budayanya termasuk pariwisatanya dapat menjadi daya tarik tersendiri di Indonesia dan dunia internasional. 

Hal itu dikatakan dia saat beraudiensi dengan Menaker Hanif Dhakiri di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Rabu (14/9/2016). Hadir mendampingi Menaker Dirjen Binapenta dan PKK, Hery Sudahmanto dan Staf Khusus Menaker, Nur Huda dan Muhammad Nur Hayid. Sementer dari pihak Walikota Sawahlunto didampingi oleh kepala Dinas pariwisata dan Kepala Dinas ketenagakerjaan.  

Dalam kesempatan ini, Walikota Sawahlunto Ali Yusuf mengundang secara langsung Menaker M. Hanif Dhakiri menghadiri dan membuka acara Sawahlunto Internasional Music Festifal (SIMFes) ke 7 pada tanggal 7 oktober mendatang. Selain itu, Ali juga berharap Menaker berkenan meninjau tempat produksi songket yang dijadikan program unggulan untuk mengurangi pengangguran di wilayah kota Sawahlunto. 

"Kami juga berharap Bapak Menaker ikut bersama-sama mempromosikan kota Sawahlunto sebagai kota wisata internasional. Karena di sana terdapat banyak peninggalan sejarah masa lalu. Mulai dari kereta Uap, Kota tua tambang, dan terowongan bekas tambang batu bara pada zaman kolonial Belanda. Selain tentu sentra produksi songket di Silungkang," ujar Ali Yusuf di Kantor Kemnaker, Jakarta Selatan, Rabu (14/9). 

Menurutnya, dipilihnya Menaker sebagai tokoh utama SEMFes ke 7yang akan membuka cara yang dihadiri para musisi Jazz nasional dan internasional ini karena Hanif Dhakirii dikenal sebagai musisi, seniman dan pencipta serta menyanyanyikan lagu ciptaannya. sSelain tentu alsan lain bahwa politisi PKB yang ditunjuk menjadi menaker ini adalah tokoh nasional dan aktivis pergerakan. 

"Kami suidah melihat-lihat di youtube, pak menteri ini banyak ciptakan lagu dan nyanyikan lagu sendiri yang luar biasa. Karena pak menaker ini merupakan sosok yang multitalenta dan memilki apresiasi tinggi terhadap karya seni saya mohon kesediaan Pak Menaker Hanif untuk membuka acara SEMFes meski hanya satu jam saja," terang dan pintanya. 

Menanggapi undangan dan permintaan tersebut, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri menyatakan siap dan bersedia untuk memenuhi undangan tersebut selama tidak ada agenda besar yang krusial. Untuk kepastian tanggalnya akan diatur kemudian oleh pihak protokol kementerian dan staf yang akan mengatur kunjungan Menaker Hanif ke Sumbar dan Sawahlunto.  

"Karena tanggungjawab dan tugas mengurangi dan memperkecil pengangguran itu tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah pusat, tapi juga menjadi tanggungjawab pemerintah daerah, maka saya tertarik untuk ikut menjadikan Kota Sawahlunto ini menjadi kota yang mandirii dan menjadi tujuan wisata guna mengurangi penganguran. Selain itu, saya juga akan mendukung setiap upaya dari daerah yang kreatif mencipatakan lapangan kerja baru bagi warganya." ujar Menaker. 

Menurutnya, dengan adanya banyak daerah yang kreatif menciptakan terobosan dalam pengurangan pengangguran seperti Sawahlunto, maka lapangan kerja yang tercipta akan semakin luas. Dan akibatnya, angka pengangguran diharapkan akan terus berkurang dan berangsur turun sehingga pemerataan pembangunan akan dirasakan oleh semua kalangan karena mereka bisa menikmati hasil dari kue pembangunan yang merata. 

"Prinsipnya saya senang kalau ada daerah yang kreatif menciptakan terobosan untuk memajukan daerahnya dan mengurangi penganguran dengan berbagai program. Seharusnya pola--pola kreatif ini terus diciptakan oleh kepala-kepala daerah di manapun berada sehingga tugas pemerintah akan semakin sinergis dan terarah," tegasnya. (p/ab)